Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Library Kecerdasan Artifisial
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) - Aktivitas 1
PLB-AI-K11-01 Ayo Berlatih: Starter App Inventor – Halo Dunia, dengan Text to Speech
Tujuan Pembelajaran
Dalam aktivitas ini, peserta didik dihaparkan mampu:
Mengembangkan aplikasi mobile sederhana menggunakan App Inventor.
Menggunakan komponen Text to Speech untuk mengubah teks menjadi suara.
Alat dan Bahan
Laptop/komputer yang terkoneksi internet.
Ponsel atau tablet dengan sistem operasi Android atau iOS.
Aplikasi MIT AI2 Companion terpasang di ponsel/tablet.
Lankah-langkah Kegiatan
1. Persiapan
Silakan Login ke situs App Inventor menggunakan akun Google kalian.
Klik Continue saat layar pembuka (splash screen) muncul.
Selanjutnya silahkan install aplikasi MIT AI2 Companion di ponsel kalian, melalui Play Store atau Aps Store . Aplikasi ini nantinya digunakan untuk pengujian aplikasi mobile yang telah kalian buat. Kalian juga bisa scan QR di samping untuk install aplikasi MIT AI2 Companion melalui Play Store.
2. Pengkodean
A. Membuat Proyek
Buat proyek baru dengan memilih menu “Projects” lalu klik "Start new project". Beri nama proyek “BicaralahPadaku”.
B. Perancangan User Interface (UI):
Dalam perancangan user interface, silakan eksplorasi dengan memodifikasi sesuai keinginan kalian.
Tambahkan Label ke area Viewer dengan cara drag and drop. Kemudian, pada Properties ganti Text dengan nama kelompok kalian.
Tambahkan ListView ke area Viewer dengan cara drag and drop. Kemudian, tambahkan anggota kelompok kalian dengan cara Click to Add/Delete Data pada Properties. Selanjutnya, Click to Add Row Data isi dengan nama anggota kelompok.
Tambahkan Button ke area Viewer dengan cara drag and drop. Kemudian, pada Properties ganti Text sesuai keinginan kalian.
C. Pengkodean (Coding)
Tambahkan komponen TextToSpeech pada Viewer, dengan cara drag and drop komponen tersebut ke kotak Viewer. Pilih komponen dari menu Pallete > Media > TextToSpeech.
Setelah komponen TextToSpeech ditambahkan, selanjutnya kalian lakukan pengkodean blok dengan masuk ke mode editor Blocks. Untuk beralih ke mode editor Blocks dilakukan dengan menekan tombol Blocks pada pojok kanan halaman.
Kemudian buat blok kode seperti contoh berikut, yang akan dijelaskan guru kalian.
3. Pengujian
Sebelum melakukan pengujian, jangan lupa simpan file proyek kalian dengan memilih menu Projects > Save Project.
A. Hubungkan Aplikasi dengan Komputer
Pada aplikasi App Inventor di komputer, pilih menu Connect, kemudian klik AI Companion.
Selanjutnya, akan muncul pop-up di komputer yang berisi kode 6 digit dan QR Code. Untuk menyambungkan aplikasi ke ponsel, kalian dapat masukkan kode 6 digit dari komputer atau scan QR Code dengan kamera ponsel.
Setelah masukkan kode 6 digit atau scan QR Code, pada komputer akan muncul Progress Bar yang menandakan proses penghubungan ponsel dengan App Inventor.
Jika sudah terhubung dengan sukses, aplikasi yang sedang kalian buat di komputer akan langsung muncul di ponsel.
B. Pengujian Langsung di Ponsel
Kalian bisa langsung mencoba aplikasi tersebut di ponsel.
Jika kalian melakukan perubahan di komputer, perubahan tersebut otomatis muncul di ponsel.