Pengembangan Aplikasi Mobile dengan Library Kecerdasan Artifisial
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) - Aktivitas 2
PLB-AI-K11-02: Speechboard
Gunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik saat kalian mengembangkan aplikasi untuk berbagi peran dan tugas, berikut:
Deskripsi Proyek
Kalian diharapkan mengembangkan proyek perangkat lunak berbasis mobile yang dinamakan Speechboard, dengan melakukan modifikasi aplikasi tersebut dengan menambahkan beberapa pidato dari para pahlawan Indonesia, misalnya Ki Hajar Dewantara dan Sutomo. Kalian akan mengembangkan aplikasi mobile yang memiliki antarmuka sebagai berikut:
Spesifikasi Aplikasi:
Input: Pengguna mengetuk salah satu gambar pahlawan Indonesia di ponsel.
Proses: Aplikasi memainkan rekaman pidato yang terkenal dari para pahlawan tersebut.
Output: Aplikasi akan memperdengarkan rekaman pidato dari pahlawan yang dipilih lewat speaker ponsel.
Tujuan Pembelajaran
Dalam aktivitas ini, peserta didik dihaparkan mampu:
Mengembangkan aplikasi mobile yang dapat memainkan rekaman pidato dengan menyentuh gambar.
Memahami cara menggunakan App Inventor untuk membuat aplikasi dengan komponen media.
Bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan proyek pengembangan aplikasi.
Menguji aplikasi yang dikembangkan dan melakukan penyempurnaan berdasarkan hasil pengujian.
Alat dan Bahan
Laptop/komputer yang terkoneksi internet.
Ponsel atau tablet dengan sistem operasi Android atau iOS.
Aplikasi MIT AI2 Companion terpasang di ponsel/tablet.
Gambar dan audio rekaman pidato dari pahlawan, file dapat diunduh di https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/media/rar/Informatika_XI.rar
Lankah-langkah Kegiatan
1. Persiapan
Mulailah membuat proyek baru, namailah proyek dengan nama “SpeechBoard”
2. Perancangan User Interface (UI):
Tambahkan Button pada layar dengan cara seret dan lepaskan (drag and drop)
Ubahlah background Button pada screen dengan gambar Proklamasi Kemerdekaan RI, dengan mengunggah gambar yang telah kalian unduh (pidato_proklamasi.jpg).
Tambahkan dua label dengan teks “Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia” dan “Klik gambar untuk memainkan!” pada bagian atas dan bawah button. Seperti contoh berikut:
Tambahkan komponen Player dari kolom Palette > Media dan upload file pidato kemerdekaan (Proklamasi Soekarno.mp3) sebagai Source dari Player1.
2. Pengkodean Blok:
Berikutnya, kalian harus menambahkan blok kode dengan beralih ke mode Blocks.
Tambahkan kode program untuk memainkan file pidato dengan blok when Button1.Click.
Isi blok call Player1.Start ke dalam blok when Button1. Click.
Dan terakhir jangan lupa untuk menyimpan proyek (save project) kalian.
3. Pengujian:
Ujilah kode program dengan mengetuk tombol pada ponsel untuk memainkan rekaman pidato, seperti pada langkah pengujian aktivitas PLB-AI-K11-01. Jika program telah berhasil memperdengarkan suara proklamasi, maka program kalian telah sesuai dengan spesifikasi, dan lanjutkan dengan aktivitas pengembangan.
1. Pengembangan kode untuk dapat melakukan pause dan putar kembali.
2. Pengembangan kode untuk mengatur hanya satu player yang hidup.